Penyakit Jantung Koroner, Penyebab dan Pencegahannya

Kenali penyakit jantung koroner, penyebab dan pencegahannya agar anda dapat terhindar dari penyakit penyebab kematian nomor satu di dunia. Penyakit  jantung koroner merupakan jenis paling umum dari penyakit jatung. Penyakit jantung sendiri adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan sejumlah kondisi yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Penyakit jantung dapat mempengaruhi :
  • Mempengaruhi pasokan darah ke jantung
  • Mempengaruhi otot dan fungsi jantung secara umum
  • Mempengaruhi sistem impuls listrik jantung

Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) penyakit jantung meyebabkan 7,3 juta kematian di dunia setiap tahunnya. Setelah itu diikuti oleh penyakit stroke, dan secara keseluruhan penyakit kardiovaskular menyumbang 30% dari total kematian di seluruh dunia.

Gambaran Dasar Organ Jantung Dan Arteri Koroner

gambar organ jantung
Jantung merupakan organ yang sangat kuat dan mempunyai kemampuan yang mengagumkan, seperti yang kita ketahui jantung adalah sebuat pompa yang mendorong darah beroksigen yang diterima dari paru-paru ke seluruh tubuh dan mengirimkan kembali darah yang tidak mengandung oksigen ke paru-paru untuk menyerap oksigen lebih banyak.

Darah membawa oksigen dan nutrisi untuk menjaga organ-organ internal tubuh tetap sehat, jantung juga memerlukan oksigen dan nutrisi agar tetap bisa berfungsi secara maksimal. Sedangkan arteri koroner merupakan pembuluh darah yang memasok darah yang kaya oksigen dan nutrisi ke jantung. Ada dua cabang utama dari arteri, yaitu arteri koroner kanan dan arteri koroner kiri.

Apa Itu Penyakit Jantung Koroner


Menurut National Health Service Statistic (NHSS) di inggris lebih dari 94.000 orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit jantung koroner (PJK) dan sekitar 2,6 juta orang hidup dengan PJK. Statistik di negara lain termasuk Indonesia juga cukup tinggi, beberapa tahun terakhir ada satu perubahan besar bahwa penyakit jantung tidak hanya di dominasi oleh kaum pria saja. Saat ini PJK juga banyak di alami oleh wanita, bahkan di beberapa negara wanita penderita PJK lebih banyak dari pada pria.

Penyakit Jantung Koroner


Penyakit Jantung Koroner

Sebagaimana telah kita bahas, arteri koroner memasok darah ke jantung agar bisa berfungsi dengan maksimal. Karena beberapa faktor arteri ini dapat tersumbat oleh plak yang mempersempit ruang tempat darah mengalir. Kondisi ini dikenal dengan aterosklerosis, plak yang menumpuk pada dinding arteri disebut juga aterima yang terdiri dari zat-zat lemak, kolesterol dan sisa-sisa sel mati. Itulah kenapa disebuat penyakit jantung koroner atau penyakit arteri koroner, intinya penyakit jantung koroner adalah penyakit yang disebabkan karena penyempitan atau penyumbatan pada arteri koroner. Ketika pasokan darah tersumbat, beberapa hal dapat terjadi

  • Ketika pembuluh darah yang menyempit dan jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup untuk berfunsi dengan dengan baik, maka akan mengakibatkan rasa sakit dan ketidanyamanan di dada sebelah kiri yang disebut angina.

  • Terkadang plak juga bisa pecah, pecahan plak dapat mengakibatkan gumpalan atau bekuan darah yang bisa menyumbat seluruh arteri atau bisa juga mengakibatkan sumbatan di titik arteri lainnya.
  • Jika salah satu dari bekuan darah ini menyumbat seluruh arteri dan memblokir darah yang mengalir ke otot-otot jantung, maka anda bisa menderita kerusakan jantung permanen atau yang kita kenal dengan serangan jantung.

Apa Penyebab Penyakit Jantung Koroner


Ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan seseorang mederita PJK. Berikut beberapa faktor penyebab utama:
  • Diabetes - Penyakit diabetes memiliki kecenderungan untuk membuat dinding pembuluh darah lebih tebal dan lebih rentan terhadap penyumbatan yang menyebabkan penyakit arteri dan serangan jantung.
  • Merokok - bahan kimia dalam asap rokok dapat menimbulkan kerusakan khususnya pembuluh darah jantung.
  • Tekanan Darah Tinggi - meningkatkan tekanan pada pembuluh darah sehingga memakai mereka keluar
  • Obesitas - meskipun obesitas itu sendiri tidak menyebabkan penyakit jantung koroner, yang lebih berat dapat menyebabkan kondisi lain yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Kondisi seperti diabetes tipe 2. Selain itu, orang yang kelebihan berat badan cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi dan peningkatan risiko tekanan darah tinggi, dan keduanya dapat menyebabkan PJK.
  • Kolesterol tinggi - kolesterol adalah zat lemak alami dan bermanfaat yang dibuat oleh hati kita dari lemak jenuh yang kita makan dalam makanan. Namun, terlalu banyak makan makanan yang berkolesterol dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah.
  • Faktor keturunan - jika Anda memiliki saudara laki-laki usia di bawah 55 tahun atau saudara perempuan usia di bawah 65 dengan PJK, maka ini juga meningkatkan resiko Anda untuk menderita penyakit jantung koroner.
  • Kurang olahraga - Jantung adalah otot yang kuat yang perlu dilatih untuk tetap sehat dan bekerja dengan baik salah satunya dengan olahraga. Kurang olahraga menyebabkan jantung lemah yang rawan menyababakan penyakit PJK.
  • Alkohol - Minuman keras dapat menyebabkan kondisi yang disebut kardiomiopati, di mana otot-otot jantung melemah.

Cara Pencegahan Untuk Meminimalkan Risiko Penyakit Jantung Koroner

pencegahan penyakit jantung koroner

Ada beberapa cara pencegahan untuk meminimalkan resiko seseorang menderita penyakit jantung koroner.
  • Mengontrol tekanan darah Anda. Dua cara utama untuk menjaga tekanan darah dalam kisaran normal yang pertama makan makanan sehat dan berolahraga secara teratur. Dan yang kedua jika Anda sudah memiliki tekanan darah tinggi, pastikan Anda untuk mengkonsumsi obat penurun tekanan darah tinggi secara teratur dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter. Hipertensi dapat mengakibatkan jantung bengkak. Baca juga artikel obat jantung bengkak alami
  • Hindari alkohol seperti yang dijelaskan sebelumnya, minum alkohol dapat merusak otot jantung dan menyebabkan tekanan darah tinggi.
  • Berhenti merokok.
  • Olahraga teratur sangat penting untuk menjaga otot-otot jantung agar tetap sehat.
  • Jaga berat badan Anda agar tetap proporsional sesuai tinggi dan usia Anda.
  • Makan makanan sehat yang seimbang merupakan salah satu cara terbaik untuk meminimalkan risiko terjadinya PJK. Selain itu, membatasi asupan garam Anda karena asupan garang yang terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah.
  • Jika Anda memiliki kondisi lain seperti diabetes, maka jaga kadar gula anda agar tetap normal
  • Pastikan resep obat penyakit jantung koroner, obat diabetes, obat tekanan darah tinggi dan sebagainya tetap dikonsumsi sesuai dengan dosis yang di anjurkan.

Itulah sedikit penjelasan tentang penyakit jantung koroner, penyebab dan pencegahannya, tetap jaga kesehatan jantung anda dengan merubah gaya hidup dan pola makan dengan yang lebih sehat. Karena perubahan sederhana dalam gaya hidup bisa mengurangi resiko dan menambah kualitas hidup anda bersama keluarga tersayang.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penyakit Jantung Koroner, Penyebab dan Pencegahannya"

Posting Komentar